in

14 Cara Main PES Mobile Pakai Joystick di Android Tanpa Root!!

Cara Main PES Mobile Pakai Joystick di Android Tanpa Root

Tidak bisa diragukan lagi bahwa game PES Mobile memang memiliki keseruan lebih dibandingkan game Sepak Bola lainnya. Tapi, bagaimana jika game ini dimainkan melalui Joystick? Pada artikel ini kami bakal membahas bagaimana cara main PES Mobile pakai Joystick yang mungkin belum banyak diketahui oleh kalian para pemain game tersebut.

Bagi yang belum tahu, Joystick merupakan Controller Eksternal yang bisa connect ke HP Android. Nantinya perangkat tersebut bakal menggantikan Controller PES Mobile yang sebelumnya berada di layar HP. Kalian juga bisa menyesuaikan tombol pada Joystick sesuai kenyamanan.

Advertisements

Dengan cara ini, kalian yang sering main game Sepak Bola di perangkat Console baik itu PS4, PS5 maupun Xbox mungkin bakal memperoleh kenyamanan tersendiri. Namun penting diketahui bahwa cara main PES Mobile pakai Joystick tidak bisa diterapkan untuk semua HP Android.

Ada beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi untuk main PES Mobile di Android pakai Joystick. Bukan hanya itu, ada juga beberapa syarat lain yang harus dipenuhi oleh player PES Mobile jika ingin menikmati keseruan main pakai Joystick. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Syarat Main PES Mobile Menggunakan Joystick

Syarat Main PES Mobile Pakai Joystick

Menjadi salah satu game Sepak Bola terbaik di Android, PES Mobile memang menawarkan banyak fitur menarik, salah satunya bisa dimainkan menggunakan Controller Eksternal atau Joystick. Keuntungan utama dari main PES Mobile pakai cara ini adalah kalian bisa lebih optimal dalam menerapkan trik Driblle cantik, trik Shoot dan lain sebagainya.

Namun seperti kami singgung diatas bahwa ada syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi para User Android jika ingin bermain PES Mobile menggunakan Joystick. Persyaratan tersebut meliputi Joystick, sistem operasi hingga Prosesor pada HP Android yang digunakan. Berikut adalah kriteria yang berlaku untuk main PES Mobile pakai Joystick

1. Memiliki Joystick IPEGA 9090

Syarat pertama adalah mempunyai Joystick IPEGA tipe 9090. Perangkat ini bisa kalian beli melalui Tokopedia dengan harga 250 ribuan. Joystick kami rekomendasikan karena kualitas serta kenyamanan yang dimiliki.

2. Sistem Operasi Android Minimal 9.0

Syarat kedua, pastikan HP Android yang kalian pakai sudah mendukung Sistem Operasi Android versi 9.0 atau yang lebih tinggi. Jika tidak, maka besar kemungkinan proses pertandingan PES Mobile pakai Joystick bakal ngelag.

3. HP Android Tidak Pakai Prosesor Mediatek

Syarat ketiga adalah HP Android yang digunakan tidak memakai Prosesor Mediatek. Jadi, untuk main PES Mobile pakai Joystick di Android hanya berlaku untuk HP Android dengan Prosesor Snapdragon dan lain sebagainya.

4. Memiliki Aplikasi ShootingPlus

Syarat keempat sekaligus yang terakhir adalah menginstall aplikasi pendukung bernama ShootingPlus. Aplikasi ini nantinya berguna untuk menghubungkan perangkat HP Android ke Joystick. Aplikasi ShootingPlus bisa kalian download secara gratis di Google Play Store.

Cara Main PES Mobile Pakai Joystick

Cara Main PES Mobile Pakai Joystick

Apabila sudah memenuhi semua syarat diatas, sekarang mari lanjut ke penjelasan bagaimana cara main PES Mobile pakai Joystick. Jadi melalui cara ini kalian bisa menyesuaikan tombol Dash, Shoot, Pass dan lain sebagainya dengan Joystick.

Disini kami juga menginformasikan bahwa untuk main PES Mobile menggunakan Joystick kalian tidak perlu melakukan Root pada HP Android. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak tutorial selengkapnya dibawah ini :

1. Tekan Tombol Home & A

Tekan Tombol Home A

Pertama-tama silahkan tekan tombol Home dan tombol A pada Joystick secara bersamaan sampai muncul indikator lampu berkedip.

2. Hubungkan Joystick ke HP

Hubungkan Joystick ke HP

Setelah itu buka menu Bluetooth di HP kalian lalu hubungkan dengan perangkat bernama PG-9090. Jika muncul status Connected maka lampu indikator pada Joystick akan berhenti yang artinya Joystick dan HP sudah berhasil terhubung.

3. Jalankan Aplikasi ShootingPlus

Jalankan Aplikasi ShootingPlus

Sekarang buka aplikasi ShootingPlus di HP kalian.

4. Aktifkan Display the Floating Ball Key

Aktifkan Display the Floating Ball Key

Kemudian aktifkan Display the Floating Ball Key dengan cara menekan kotak kecil di sebelah kanan menu tersebut.

5. Jalankan PES Mobile

Jalankan PES Mobile 2

Jika sudah, sekarang buka game PES Mobile.

6. Lakukan Match

Lakukan Match Pertandingan

Setelah itu lakukan Match di Mode Acara atau Kampanye (jangan main Online dulu).

7. Ketuk Tombol Ball Key

Ketuk Tombol Ball Key

Sebelum Kick Off, silahkan tap tombol Ball Key (lihat gambar diatas) lalu ketuk menu New untuk menyesuaikan Controller PES Mobile dengan Joystick.

8. Gerakkan Analog Kiri

Gerakkan Analog Kiri

Gerakkan Analog kiri pada Joystick, lalu arahkan ikon yang muncul di layar ke tombol Analog PES Mobile.

9. Tekan Tombol A

Tekan Tombol A

Setelah itu tekan tombol A pada Joystick untuk menggantikan tombol Pass.

10. Tekan Tombol RB / R1

Tekan Tombol RB R1

Tekan tombol RB / R1 pada Joystick lalu arahkan ke tombol Dash / Lari.

11. Gerakkan Analog Kanan

Gerakkan Analog Kanan

Selanjutnya gerakkan Analog kanan pada Joystick untuk di setting sebagai tombol Through / umpan lambung dan umpan terobosan.

12. Tekan Tombol X / Kotak

Tekan Tombol X Kotak

Sedangkan untuk Shoot kalian bisa tekan tombol X / tombol Kotak pada Joystick.

13. Simpan Pengaturan

Simpan Pengaturan Main PES Mobile Pakai Joystick
Simpan Pengaturan Main PES Mobile Pakai Joystick 2

Jika sudah, sekarang simpan pengaturan Joystick dengan cara klik menu Save dan centang kotak kecil Bind to the game simultaneously lalu klik OK.

14. Selamat Bermain

Selamat Bermain PES Mobile Pakai Joystick

Sekarang Joystick sudah terkoneksi dengan Controller PES Mobile selanjutnya kalian sudah bisa main PES Mobile pakai Joystick. Selamat bermain.

Catatan : Jika settingan diatas kurang nyaman, kalian bisa mengaturnya sendiri sesuai kenyamanan.

Kelebihan & Kekurangan Main PES Mobile Pakai Joystick

Sampai disini kalian sudah tahu bagaimana langkah-langkah memainkan PES Mobile menggunakan Joystick di HP Android. Sementara itu, tahukah kalian apa saja kelebihan dan kekurangan ketika main PES Mobile pakai cara diatas? Simak informasi selengkapnya berikut ini :

Kelebihan

  • Pergerakan Controller jauh lebih nyaman
  • Bisa setting tombol sesuai kenyamanan
  • Tidak mengganggu tampilan posisi pemain di layar

Kekurangan

  • Perlu keluar biaya untuk beli perangkat Joystick
  • Tidak bisa dimainkan di HP Android dengan Prosesor Mediatek

KESIMPULAN

Demikianlah penjelasan dari Gameitu.com mengenai cara main PES Mobile menggunakan Joystick di HP Android tanpa Root. Selain itu diatas kami juga menjelaskan beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk main PES Mobile pakai cara ini.

Untuk kalian para player PES Mobile, kami rasa kalian wajib coba keseruan main PES Mobile melalui cara diatas. Dengan pergerakan Controller yang lebih nyaman, pastinya kalian bisa dengan mudah memenangkan pertandingan ketika main Laga Teman, Matchday maupun Laga vs Komputer di PES Mobile.

Advertisements

Written by Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.