in

√ 7 Cara Mengatasi Lag Apex Legend Mobile 100% Berhasil!!

Cara Mengatasi Lag Apex Legend Mobile 100 Berhasil

Cara Mengatasi Lag Apex Legend Mobile – Sebagai player Apex Legend Mobile, pernahkah kalian ketika sedang bermain tiba-tiba mengalami Lag? Kendala seperti itu pastinya sangat mengganggu keseruan dalam permainan, terlebih ketika sedang berada di dalam pertempuran sengit.

Sementara itu, ketika mengalami Lag pada saat memainkan Apex Legend Mobile penyebabnya bisa berasal dari berbagai faktor, terutama spesifikasi smartphone yang digunakan. Perlu diketahui bahwa Apex Legend Mobile memang menerapkan spesifikasi minimum smartphone yang bisa memainkan game tersebut dengan lancar.

Citayam
Advertisements

Meski begitu, terkadang ada juga pengguna yang memiliki perangkat memadai tapi tetap saja mengalami Lag ketika main Apex Legend Mobile. Jika begitu, artinya ada faktor lain yang menjadi alasan Apex Legend Mobile Lag saat dimainkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi Lag Apex Legend Mobile ? Apakah diperlukan aplikasi tambahan untuk mengatasi Lag? Atau ada beberapa settingan yang harus diubah dari game tersebut? Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak jawaban selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Apex Legend Mobile Ngelag

Penyebab Apex Legend Mobile Ngelag

Seperti kami sebutkan diatas bahwa Apex Legend Mobile merupakan game baru yang belum lama dirilis di Google PLay Store. Sebelumnya Apex Legend hanya tersedia di Steam dan perangkat game Konsol, oleh karena itu setelah tersedia versi Mobile, pengguna Apex Legend semakin banyak. Bahkan sebelum game ini dirilis secara resmi untuk perangkat Mobile, sudah banyak pengguna Android yang melakukan Pre Registrasi.
Bicara mengenai Apex Legend Mobile, permainan ini memang menawarkan keseruan lebih dibandingkan game perang pada umumnya. Grafik tampilan serta gameplay yang tersaji juga dijamin membuat siapa saja betah memainkannya berlama-lama. Namun, baru beberapa bulan dirilis, beberapa pemain Apex Legend Mobile sudah ada yang mengeluh soal kendala ketika memainkan game tersebut, salah satunya mengenai aplikasi yang sering Ngelag atau patah-patah.

Sebenarnya masalah Lag pada suatu aplikasi permainan sudah sering terjadi, hanya untuk Apex Legend Mobile ini cukup meresahkan. Karena ketika Lag terjadi pada saat berperang, pastinya bakal mengganggu konsentrasi permainan hingga mengakibatkan lawan bisa dengan mudah melumpuhkan kita. Nah, untuk masalah tersebut besar kemungkinan terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut :

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama adalah koneksi internet yang digunakan tidak stabil. Biasanya, hal ini terjadi saat kalian main Apex Legend Mobile menggunakan koneksi Wifi. Seperti kita ketahui bahwa koneksi internet dari Wifi terkadang memiliki PING yang sangat tinggi. Disamping itu, jumlah perangkat yang tersambung ke Wifi juga berubah-ubah yang mengakibatkan kualitas koneksi tidak begitu optimal.
Selain itu, bagi kalian yang main menggunakan data seluler juga bisa saja mengalami hal serupa, terutama ketika cuaca buruk. Intinya, ketika koneksi internet yang diberikan tidak stabil, hal tersebut bakal berdampak pada kelancaran bermain Apex Legend Mobile, karena game ini memenag hanya bisa dimainkan secara Online.

2. Memori RAM Hampir Penuh

Selain itu, Lag pada aplikasi Apex Legend Mobile juga bisa disebabkan oleh memori RAM yang hampir penuh. Khusus untuk faktor ini mungkin terjadi pada player yang menggunakan HP RAM dibawah 3 GB dalam memainkan Apex Legend Mobile. Penting diketahui bahwa Apex Legend Mobile memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga cukup memakan kinerja serta memori RAM smartphone. Ketika RAM terlalu keras bekerja, maka dampaknya bakal mempengaruhi kinerja sistem perangkat dalam menjalankan aplikasi tersebut.

3. Terlalu Banyak Recent Aplikasi

Penyebab lainnya dari masalah Lag pada Apex Legend Mobile adalah banyaknya Recent App atau aplikasi yang sedang berjalan. Hampir sama ketika RAM penuh, faktor ini juga bakal mengganggu kinerja perangkat dalam menjalankan aplikasi Apex Mobile Legend sehingga ketika bermain, pergerakan menjadi patah-patah, nge-frame atau ngelag.

4. File Cache Menumpuk

Kemudian Lag Apex Legend Mobile juga bisa disebabkan oleh file Cache dari aplikasi tersebut sudah terlalu banyak dan belum dihapus. Perlu diketahui bahwa banyaknya file Cache di aplikasi Apex Legend Mobile bisa mengundang Bug atau masalah, salah satunya adalah mengalami Lag ketika aplikasi sedang berjalan.

5. Prosesor Overheat

Selain ketiga faktor diatas, Lag pada saat memainkan Apex Legend Mobile juga bisa terjadi karena prosesor pada smartphone mengalami Overheat. Hal ini seringkali terjadi ketika durasi memainkan game tersebut terlalu lama sedangkan perangkat yang digunakan hanya mendukung spesifikasi minimum. Ketika prosesor sudah mengalami Overheat biasanya ditandai dengan suhu perangkat menjadi sangat panas.

6. Settingan Game Tidak Sesuai

Penyebab terakhir dari Lag Apex Legend Mobile adalah settingan game yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone yang digunakan. Misal, kalian hanya memakai smartphone dengan RAM 3 GB, tapi untuk memainkan game Apex Legend Mobile kalian menggunakan settingan grafis yang paling tinggi dengan pergerakan 60 fps. Jika begitu, maka perangkat yang digunakan tidak mampu menjalankan perintah sesuai settingan tersebut, sehingga efek nya adalah aplikasi mengalami Lag, bahkan hal ini juga bisa mengakibatkan aplikasi keluar sendiri alias Force Close.

Cara Mengatasi Lag Apex Legend Mobile

Cara Mengatasi Lag Apex Legend Mobile

Setelah menyimak beberapa penyebab Lag pada Apex Legend Mobile diatas, sekarang mari kita lanjut ke inti pembahasan yaitu bagaimana cara mengatasi Lag Apex Legend Mobile. Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini cara nya cukup gampang, kalian hanya perlu menerapkan beberapa trik berikut ini :

1. Mengubah Settingan Apex Legend Mobile

Cara pertama untuk mengatasi Lag Apex Legend Mobile atau mengganti settingan yang sesuai dengan perangkat. Misal, sebelumnya kalian menggunakan settingan grafik tertinggi, tapi smartphone yang digunakan tidak memadai, maka untuk mengatasi Lag coba gunakan settingan Medium atau Low.
Untuk mengatur settingan Apex Legend kalian hanya perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Apex Legend Mobile
  • Pada halaman Lobby, silahkan masuk ke menu Setting di pojok kiri bawah
  • Pada halaman Lobby, silahkan masuk ke menu Setting di pojok kiri bawah
  • Jika sudah, selanjutnya kalian tinggal pilih Display Setting
  • Terakhir, tentukan settingan grafik yang sesuai dengan perangkat

2. Mengaktifkan Fitur Focus Mode

Cara lain guna mengatasi Lag Apex Legend Mobile adalah memanfaatkan fitur Focus Mode. Fitur ini telah tersedia di semua smartphone Android versi 10. Dengan cara mengaktifkan fitur Focus Mode, nantinya segala distraksi yang berpotensi mengganggu suplai internet akan dihilangkan.
Dengan begitu, kualitas koneksi untuk main game Online bakal jauh lebih optimal. Cara ini berlaku untuk mengatasi Lag Apex Legend Mobile yang terjadi karena koneksi internet tidak stabil

3. Membersihkan File Cache

Cara selanjutnya guna mengatasi Lag Apex Legend Mobile adalah membersihkan file Cache yang menumpuk di aplikasi Apex Legend Mobile. Untuk melakukan cara ini kalian bisa memanfaatkan aplikasi pembersih yang tersedia di Google Play Store atau membersihkan File Cache lewat menu Setelan dengan tata cara sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Setelan / Pengaturan
  • Pilih Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Cari Apex Legend Mobile
  • Setelah itu tap Hapus Data -> Bersihkan Cache
  • Selesai

Setelah File Cache dibersihkan, selanjutnya silahkan Restart smartphone untuk memastikan File Cache sudah bersih.

Demikianlah ulasan dari tim Gameitu.com mengenai penyebab Apex Legend Mobile mengalami Lag. Selain itu, diatas kami juga menjelaskan bagaimana cara mengatasi Lag di Apex Legend Mobile. Dengan adanya informasi diatas, kami harap kalian yang sudah install Apex Legend Mobile tidak kebingungan lagi jika suatu saat mengalami Lag ketika sedang memainkan game tersebut.

Advertisements

Written by Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.