in ,

3 Cara Mengatasi Valorant Error Code VAN 81 100% Berhasil

Cara Mengatasi Valorant Error Code VAN 81

Valorant memang sangat seru dimainkan mabar dengan teman. Akan tetapi game ini seperti game FPS pada umumnya, terkadang masih ada bug dan error. Error code VAN 81 adalah satu contoh kesalahan tersebut dan cara mengatasi Valorant error code VAN 81 dibutuhkan analisa lebih dalam terhadap penyebab error tersebut bisa terjadi.

Saat ini Valorant menjadi idola baru yang memang sedang digemari oleh banyak penikmat game tembak-tembakan. Permainan ini memiliki konsep yang mirip seperti CS:GO yaitu permainan dua tim 5 vs 5. Namun, bedanya setiap agent atau hero Valorant memiliki skill khusus masing-masing untuk menambah keseruan pertarungan.

Advertisements

Semua keseruan, kesenangan dan kepuasan bermain Valorant akan hilang begitu saja karena error code VAN 81. Error code Valorant ini merupakan kode kesalahan yang umumnya ditemui sebagian besar pemain Valorant di seluruh dunia. Akibat error VAN 81 ini setiap pemain tidak dapat memainkan Valorant selagi belum diperbaiki.

Lantas, sebenarnya apa yang terjadi dengan error code VAN 81 Valorant? Mengapa hal ini bisa terjadi? dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kesalahan ini? Nah, melalui artikel ini kami akan memberikan penjelasan terkait penyebab dan cara mengatasinya. Adapun untuk informasi selengkapnya, langsung simak di bawah ini.

Apa Itu Valorant Error Code VAN 81 ?

Apa Itu Valorant Error Code VAN 81

Saat kalian menemukan error code VAN 81, maka kalian akan menerima pesan “CONNECTION ERROR | VALORANT has encountered a Connection error. Please relaunch the client to recconnect. Error Code: 81” atau “VALORANT mengalami kesalahan koneksi. Silahkan luncurkan kembali klien untuk menghubungkan kembali”

Seperti yang disarankan pada pesan error, Valorant error code VAN 81 ini disebabkan oleh masalah koneksi antara perangkat pemain dan server Valorant. Kasus ini terlihat seperti Valorant error code VAN 1067 dengan pesan yang sama. Namun, untuk VAN 81 ini menarik karena penyebab utama masalah ini bukan dari TPM seperti VAN 1067.

Penyebab utama Valorant error code VAN 81 tampaknya terkait masalah dengan perangkat lunak anti-cheat Riot Vanguard yang berjalan di samping permainan. Ini bukanlah masalah terkait internet atau server. Terutama, jika Vanguard tidak berhasil memuat, itu bisa menjadi pemicu pesan error code VAN 81, karena game tidak akan mengizinkan kalian bermain kecuali perangkat lunak anti-cheat sedang berjalan.

Cara Mengatasi Valorant Error Code VAN 81

Dari penjelasan di atas, sekarang inti masalah VAN 81 telah diketahui dan bagaimana cara mengatasi kode kesalahan ini? Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Valorant error code VAN 81. Untuk mengatasi kode kesalahan VAN 81 terbilang cukup mudah dan untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Metode Pertama

Metode Pertama

Cara mengatasi Valorant error code VAN 81 yang pertama adalah dengan restart PC dan Riot Client. Lalu, install ulang Riot Vanguard Valorant. Berikut selengkapnya.

  1. Setelah kalian restart PC dan Riot Client, silahkan masuk ke Local Disk C:/Drive.
  2. Kemudian, pilihlah folder Program Files.
  3. Setelah itu, pilih Riot Vanguard.
  4. Klik kanan folder Riot Vanguard dan pilih Delete.
  5. Sekarang klik kanan aplikasi Valorant dan pilih Run As Administrator.
  6. Lalu, tunggu hingga proses download Riot Vanguard dan login Valorant seperti biasa.
  7. Setelah itu, restart kembali PC kalian dan lihat apakan VAN 81 masih kalian temukan saat membuka Valorant.

Metode Kedua

Metode Kedua

Nah, jika metode pertama belum bisa mengatasi VAN 81, maka kalian bisa mencoba metode perbaikan kedua. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kalian ikuti.

  1. Langkah pertama, klik Windows + R dan ketikkan Service.msc.
  2. Kemudian, silahkan temukan layanan VGC.
  3. Klik kanan pada VGC dan pilihlah Property.
  4. Selanjutnya, pada kolom Startup Type silahkan ganti menjadi Automatic.
  5. Lalu, klik tombol Apply dan tekan OK.
  6. Setelah itu restart PC kalian dan coba luncurkan game Valorant, maka kesalahan VAN 81 akan diperbaiki.

Metode Ketiga

Metode Ketiga

Apabila cara di atas tidak berhasil mengatasi error, maka silahkan kalian ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi error code VAN 81 yang terjadi pada Valorant.

  1. Pertama-tama, tekan tombol Windows + R dan ketik MSCONFIG. Lalu, klik OK.
  2. Selanjutnya, pilih menu Services.
  3. Kemudian, temukan VGS dan beri centang kotak di samping VGS.
  4. Lalu, klik Apply dan kemudian klik OK.
  5. Setelah menekan OK, maka sistem akan meminta kalian untuk memulai ulang, klik Restart dan masalah VAN 81 akan terpecahkan.

KESIMPULAN

Itulah penjelasan lengkap dari gameitu.com terkait penyebab dan cara mengatasi Valorant error code VAN 81. VAN 81 sebenarnya bukan masalah koneksi internet atau server, tapi koneksi perangkat PC dengan server Valorant, sehingga untuk mengatasi error bisa dilakukan dengan install ulang Riot Vanguard dan menjalankan VGS.

Setelah melakukan install ulang Riot Vanguard atau menjalankan layanan VGS, maka error code VAN 81 berhasil di atasi. Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, semoga cara mengatasi Valoran error code VAN 81 pada artikel di atas membantu.

Advertisements

Written by Rizki Billar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.